Pernah gak mengalami hal ini, ketika sedang asyik mengerjakan sesuatu menggunakan komputer, tiba-tiba saja terjadi pemadaman listrik secara mendadak!! dengan seketika komputer ikut padam.

Menjengkelkan bukan?. Apalagi jika ini dialami oleh seorang desainer grafis atau video maker. Jangankan desainer grafis atau video maker, saat main game pun ketika hal ini terjadi bisa bikin wawiwuwewo.😆.hehehe

Nah, apakah komputer tetap bisa menyala walaupun aliran listrik terputus? Jawabannya tidak. Hal ini disebabkan karena komputer memang tidak punya baterai cadangan yang membuatnya bisa bertahan. Terus bagaimana mengatasi masalah ini?

Solusi agar komputer tidak langsung Mati ketika ada pemadaman listrik tiba-tiba


Salah satu solusinya adalah sobat dapat menggunakan UPS. Dengan adanya perangkat bernama UPS, ketika terjadi pemadaman listrik, komputer sobat tidak langsung mati. Ada kesempatan untuk melakukan proses shutdown dengan cara yang benar.

Tips Agar Komputer Tetap Menyala Meski Mati Listrik
Contoh UPS

Sementara, berapa lama?

Saya tidak mengetahui detilnya berapa lama. Tetapi biasanya hanya hitungan menit. Cukup banyak untuk proses shutdown. Nah, UPS ini menjadi jembatan antara listrik PLN dengan komputer. Di dalamnya sendiri terdapat baterai yang berfungsi memberikan suplai listrik sementara ketika arus AC (dari PLN) terputus.

Apa itu UPS?


Tips Agar Komputer Tetap Menyala Meski Mati Listrik

UPS adalah kependekan dari Uninterruptible Power Supplies yang merupakan sebuah perangkat elektronik yang berfungsi untuk memberikan tenaga sementara untuk komputer. Ingat! Hanya sementara. Bukan terus menerus.

Dampak jika komputer sering terputus aliran listrik secara tiba-tiba 


Dampak jika komputer sering terputus aliran listrik secara tiba-tiba
huuuhuhu...

Perlu diketahui, komputer tidak boleh dimatikan dengan cara memutus aliran listrik. Atau sobat akan merasakan akibatnya seperti:
  • HDD mengalami bad sector, sebagian data rusak bahkan hilang
  • Mengurangi umur komponen komputer, bisa juga langsung merusaknya
  • Konfigurasi registry bakal berantakan
  • Menimbulkan permasalahan software
  • Dan masih banyak lagi...
Dari beberapa dampak tersebut, saya rasa yang paling mengerikan adalah kehilangan data. Karena biasanya orang lebih rela kehilangan komputer daripada kehilangan data di dalamnya (tapi saya ga mau keduanya :p ).

Ada sejumlah informasi penting yang wajib diketahui sebelum membeli UPS. Saya menyarankan untuk membaca salah satu thread Panduan UPS. Dengan hadirnya UPS, setidaknya sobat tidak perlu takut lagi akan ancaman PLN yang sering memadamkan listrik tanpa pemberitahuan.

Sekian, semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Tips agar komputer tidak langsung mati ketika ada pemadaman listrik tiba-tiba"